SEMANTIC NETWORK PADA PEMBELAJARAN KIMIA
Pengertian Semantik
Secara etimologis, arti semantik berasal dari kata Yunani sema yang
merupakan kata benda yang berarti 'tanda' atau 'simbol' dan samaino (kata
kerja) yang memiliki arti "tanda" atau "melambangkan".
Sedangkan istilah semantik dalam terminologi adalah studi tentang simbol atau
tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna satu sama lain, dan hubungan
antara kata-kata dengan konsep atau makna kata.
Semantic network adalah
representasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan
network (graph berarah). Di dalamnya menggunakan node (simpul) untuk
merepretasikan suatu kondisi, dan arc (link) untuk merepretasikan relasi antar
simpul. Semantic network ini adalah representasi yang bersifat :
1. Lexically, di dalamnya terdapat
node(simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan
2. Structurally, masing-masing link akan
terkoneksi dari simpul yang paling depan(head node) sampai simpul yang paling
belakang (tail node).
3. Semantically, semua simpul dan link
merepretasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya.
Dengan kata lain
semantic network adalah :
1.
Jaringan yang merepresentasikan relasi
semantic dengan konsep.
2.
Terdiri dari nodes (konsep)
dan arcs (relasi antar konsep).
3.
Umumnya semua semantic
network adalah representasi grafis deklaratif yang dapat digunakan baik
untuk mewakili pengetahuan atau untuk mendukung penalaran pengetahuan sistem
otomatis.
Berikut
adalah contoh semantic network pada materi Asam basa:
Pertanyaan
Berdasarkan
desain yang saya buat menurut kalian apakah sudah efektif untuk proses
pembelajaran? jika belum tolong berikan masukan teman-teman mana baikknya. karena masukan kalian sangat berarti bagi saya terima kasih.
Menurut saya, desain yang telah Saudari Intan buat telah baik digunakan untuk pembelajaran siswa. Namun, keefektifan dalam proses pembelajaran tergantung pada penjelasan dari semantic network yang telah dibuat, akan kurang efektif apabila penjelasan disetiap judul yang akan dibahas sangat minim. Dan saran saya, lebih ditambahkan gambar pada semantic networknya agar lebih menarik
BalasHapusBaik terimakasih nurul atas sarannya, akan saya tambahkan beberapa gambar pada semantic network yang telah saya buat agar lebih menarik, karena dengan adanya gambar memang dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam pembelajaran.
HapusSaya juga setuju dengan pendapat nurul, bahwa semantic network yang dibuat oleh intan sudah cukup baik untuk pembelajaran jarak jauh. Harapannya untuk soal kuis diberikan pertanyaan yang bisa mengarahkan siswa berfikir tingkat tinggi, tidak hanya pada level bawah saja.
BalasHapusBaik terimakasih Rahmi, untuk soal quiz akan saya tambahkan soal dari level C4-C6 untuk dapat membuat siswa menjadi berpikir tingkat tinggi.
Hapusmenurut saya juga desain yang telah intan buat sudah cukup baik. dan saran dari saya lebih kurang sama seperti nurul yaitu penambahan gambar pada smatic network supaya pembaca lebih tertarik untuk membacanya
BalasHapusBaik terimakasih mellyca atas sarannya, akan saya tambahkan beberapa gambar pada semantic network yang telah saya buat agar lebih menarik, karena dengan adanya gambar memang dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam pembelajaran.
HapusMenurut saya keefektifan dalam proses pembelajaran tergantung pada penjelasan dari semantic network yang telah dibuat, akan kurang efektif apabila penjelasan disetiap judul yang akan dibahas sangat minim.
BalasHapusMenurut saya desain yang Intan buat cukup baik digunakan untuk pembelajaran siswa. Saran saya dapat anda tambahkan ke keterampilan/kemampuan apa yang ingin anda kembangkan untuk siswa anda dan juga lebih ditambahkan gambar pada semantic networknya agar lebih menarik
BalasHapusmenurut saya semantik network yang anda buat sudah bagus, namun untuk menilai keefektifan belajar tidak cukup hanya dengan semantif yang bagus tapi dibutuhkan juga penjelasan dari semantik network itu sendiri.
BalasHapus