Praktek Proses Pembelajaran Kimia Abad 21
Pembelajaran
abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana
kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang begitu cepat
memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses
belajar mengajar. Salah satu contoh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi
memiliki pengaruh terhadap proses pembelajaran ialah peserta didik diberi
kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan kecakapannya dalam menguasai
teknologi informasi dan komunikasi – khususnya komputer, sehingga peserta didik
memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang
bertujuan untuk mencapai kecakapan berpikir dan belajar peserta didik.
Selain
itu, sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana
kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan
pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning)menjadi
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered
learning). Hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan dimana peserta didik
harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar. Kecakapan-kecakapan tersebut
diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah (problem solving), berpikir
kritis, kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi. Semua kecakapan ini bisa
dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan rencana
pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang peserta didik untuk
berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang mendorong peserta didik
untuk bekerja sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana
pembelajaran yang dibuatnya.
Pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik berbeda dengan pembelajaran yang berpusat pada
pendidik, berikut karakter pembelajaran abad 21 yang sering disebut sebagai 4
C, yaitu:
a.
Communication (Komunikasi)
Pada karakter ini,
peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi
yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan
multimedia. Peserta didik diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk
mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya
maupun ketika menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pendidik.
b.
Collaboration (Kerjasama)
Pada karakter ini,
peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan
kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja
secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya;
menghormati perspektif berbeda. Peserta didik juga menjalankan tanggungjawab
pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan
masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri
sendiri dan orang lain.
c.
Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir
Kritis dan Pemecahan Masalah)
Pada karakter ini,
peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam
memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem.
Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha
menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta didik juga
memiliki kemampuan untuk menyusun, mengungkapkan, menganalisa, dan
menyelesaikan masalah.
d.
Creativity and Innovation (Daya
cipta dan Inovasi)
Pada karakter ini, peserta didik
memiliki kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan
gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap
perspektif baru dan berbeda.
Adapun
berikut ini merupakan contoh video pembelajaran pada abad ke 21 yang menekankan
pada 4C.
Pertanyaan :
Bagaimana tanggapan anda mengenai video tersebut, dan apakah menurut anda video yang telah kami buat sudah memenuhi pembelajaran abad ke 21? jika terdapat kekurangan berikan saran anda, karena saran anda sangat berarti.
menurut saya video pembelajaran yang ditampilkan sudah cukup baik hanya saja pada kreativitasnya perlu dimunculkan lagi karena masih belum terlihat didalam video tersebut
BalasHapusMenurut saya video yang dibuat sudah cukup baik. proses pembelajaran pada video tersebut lebih menonjolkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik. saya setuju dengan pendapat saudari Dina bahwa sisi kreativitas nya belum muncul dan juga perlu dimunculkan lebih banyak mengenai keterampilan berpikir kritis (critical thinking)
HapusContoh pembelajaran yg ditampilkan sudah cukup baik, hanya saja perlu ada perbaikan mengenai kreativitas yang perlu lebih di munculkan lagi karena masih belum terlihat
BalasHapus