Desain Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran Kimia
A.
Defenisi
Artificial Intelligence
Artificial
Intelligence atau AI dalam bahasa Indonesia artinya Kecerdasan Buatan
yaitu kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Artificial
intelligence adalah sesuatu buatan atau suatu tiruan yang hampir mirip
dengan otak manusia. Cerdas di sini maksudnya adalah kepandaian atau ketajaman
dalam berpikir, seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.
Secara awam kecerdasan buatan diterjemahkan sebagai sebuah sistem saraf, atau
sensor atau otak yang diciptakan oleh sebuah mesin yang hamper mirip dengan
otak manusia. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin yang mampu
untuk berpikir seperti manusia, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu
mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.
Kecerdasan dibuat dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin/ komputer supaya bisa melakukan pekerjaan
seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak
menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi
berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan (Encyclopedia
Britannica). Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara
lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika (wikipedia).
B.
Pendekatan
Pada Pengembangan Artificial Intelligence
Pendekatan yang
digunakan dalam pengembangan artificial intelligence (kecerdasan buatan)
menganut beberapa prinsip:
1)
Strong Artificial Intelligence: pendekatan
ini ingin menuju ke pembuatan suatu mesin yang bisa benar benar berpikir dan
memecahkan masalah. Mesin mesin ini harus sadar akan dirinya dan
kemampuannyamintelegensianya secara umum harus tidak bisa dibedakan dengan
intelegensia seorang manusia. Optimisme berlebihan di sekitar tahun 1950 dan
1960 berkenaan dengan Strong AI telah memberi jalan bagi appresiasi tingkat
kesulitan yang sangat tinggi untuk masalah tersebut. Pendekatan ini
mempertahankan bahwa mesin yang di program dengan cukup akan mampu untuk
memiliki keadaan mental kognitif (cognitive mental state).
2)
Weak Artificial Intelligence: Pendekatan
ini berurusan dengan pembuatan Kecerdasan buatan di komputer yang tidak benar
benar bisa berpikir dan memecahkan masalah, namun bisa berprilaku seakan akan
ia memiliki kecerdasan. Pendekatan ini menyatakan bahwa sebuah mesin yang di
program dengan cukup akan dapat meniru pemikiran manusia.
3)
Applied ArtificialIntelligence: Pendekatan
ini berusaha menghasilkan suatu sistem cerdas yang secara komersial dapat
digunakan, sebagai contoh sebuah sistem keamanan yang dapat mengenali wajah
orang yang boleh memasuki gedung. Pendekatan ini sudah mengalami cukup banyak
sukses.
4) Coginitive Artificial Intelligence: Pendekatan ini memandang komputer sebagai alat untuk mengetes teori tentang bagaimana otak manusia bekerja. Sebagai contoh teori tentang bagaimana cara kita mengenali wajah, dan benda benda lainnya, atau bagaimana kita memecahkan masalah yang abstrak.
C.
Kelebihan
dan Kekurangan Artificial Intelligence
Walaupun perkembangan
teknologi artificial intelligence dapat menggantikan posisi manusia, bahkan
dapat dikatakan lebih pintar dari manusia, tetapi tetap saja perkembangan
teknologi dengan menggunakan articial intelegensi tetap memiliki kekurangan dan
keterbatasan.
Berikut ini adalah kelebihan dan
kekurangan dari artificial intelligence:
v Kelebihan
Artificial Intelligence
a) Kemampuan
menyimpan data yang tidak terbatas (dapat disesuaikan dengan kebutuhan).
b) Memiliki
ketepatan dan kecepatan yang sangat akurat dalam system kerjanya
c) Dapat digunakan kapan saja karena tanpa ada rasa lelah atau bosan
v Kekurangan
Artificial Intelligence
a) Teknologi
artificial intelegensi tidak memiliki common sense. common sense adalah sesuatu
yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti
informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh manusia.
b) Kecerdasan
yang ada pada artificial intelligence terbatas pada apa yang diberikan
kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial
intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya.
Kelebihan dan kekurangan artificial intelligence dibandingkan dengan otak manusia, dalam hal waktu tunda propagasi Oleh karena itu manusia kalah dalam kecepatan perhitungan numerik. Dalam aspek lainnya otak manusia jauh di atas angin, terutama dalam tata letak dan jumlah elemennya. Sedangkan metoda pemrosesan secara paralel dalam komputer dikembangkan untuk menggantikan kedudukan manusia.
D.
Dampak
Artificial Intelligence Terhadap Kehidupan Manusia
Kecerdasan buatan itu
sesuatu yang diciptakan oleh manusia, untuk menggantikan manusia. Jadi bisa
jadi kecerdasan buatan itu merupakan suatu ancaman. Walaupun menyadari bahwa
kecerdasan buatan bisa jadi adalah suatu ancaman untuk manusia, tapi manusia
masih saja mengembangkan apa yang disebut dengan kecerdasan buatan. Manusia
masih saja mencoba mengembangkan/ mendapatkan sesuatu (teknologi) yang baru, yang
dapat berpikir seperti manusia. Hal ini terjadi karena adanya ketidakpuasan
dalam diri manusia, manusia ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang lebih
mudah. Saat ini sudah banyak teknologi kecerdasan buatan yang dihasilkan dan
dipakai oleh manusia. Misalnya saja pada robot Asimo yang bisa menari dan
berjalan, atau pada permainan komputer yang dirancang untuk membuat manusia
berpikir keras untuk mengalahkannya. Contoh lain ada di industri otomotif.
Adanya teknologi komputer yang mampu mengolah data dengan cepat atau alat yang
dipakai untuk memberikan peringatan pada pengemudi mobil untuk menghindari
terjadinya tabrakan.
Berbagai macam teknologi
yang menggunakan artificial intelligence juga telah ditingkatkan untuk
mengembangkan kendaraan otomatis yang dalam penggunaannya dapat berfungsi tanpa
bantuan manusia. Contoh fungsi dari kendaraan otomatis ini adalah untuk
menjelajahangkasa luar, seperti menjelajahi planet-planet. Kendaraan ini
mungkin dibuat dari rangkaian komponen hardware dan sebuah program kecerdasan
buatan yang dapat memproses informasi. Gabungan dari software computer dan
hardware ini juga dapat membuat kendaraan yang bisa digunakan di bumi.
Kemajuan dari sistem kecerdasan buatan ini dapat menimbulkan dampak psikologis pada manusia. Bagi kelompok yang menentang adanya kecerdasan buatan percaya bahwa dengan adanya kecerdasan buatan, akan terdapat beberapa dampak dalam kehidupan manusia. Mesin-mesin yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengurangi jutaan kesempatan kerja manusia. Selain itu juga terdapat ketakutan bahwa sistem kecerdasan buatan ini, termasuk robot, mengurangi kita sebagai manusia. Sistem dasar dari kecerdasan buatan ini juga telah meningkatkan ketakutan bahwa mesin-mesin dapat menambah jumlah kerusakan.
Pendukung dari kecerdasan buatan telah menyatakan argumen balasan bahwa alat dari bidang kecerdasan buatan hanyalah sebuah alat yang tidak akan menggantikan fungsi manusia. Kecerdasan buatan tidak akan mengurangi kemanusiaan kita, melainkan akan meningkatkan kehidupan kita, contohnya adalah penderita kanker akan mendapat keuntungan, dan pengenalan kalimat dan sistem perpaduan dapat membantu seorang individu untuk mengkontrol lingkungannya.
E.
Penerapan
Artificial Intellegence (AI)
Adapun contoh penerapan Artificial Intellegence (AI) tidak terbatas hanya pada industri IT atau
teknologi; sebaliknya, banyak digunakan di bidang lain seperti medis, bisnis,
pendidikan, hukum, dan manufaktur. Berikut ini 9 contoh penerapan kecerdasan
buatan yang sudah gunakan saat ini,
1)
Siri
Siri adalah salah satu
asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan
iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan
pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi,
mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka
aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender. Siri menggunakan teknologi
pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami
yang lebih cerdas dan mampu memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon
dari kemampuan belajar pada mesin smartphone.
2)
Tesla
Tidak hanya smartphone
tetapi mobil juga sudah bergeser ke arah Artificial Intelligence. Tesla adalah
sesuatu yang meniadakan driver manusia. Ini adalah salah satu teknologi mobil
terbaik yang tersedia sampai sekarang. Mobil ini tidak hanya mampu meraih
banyak penghargaan tetapi juga fitur seperti mengemudi sendiri, kemampuan
prediktif, dan inovasi teknologi mutlak. Jika Anda seorang pecandu teknologi
dan bermimpi memiliki mobil seperti yang ditampilkan di film-film Hollywood,
Tesla adalah salah satu yang contoh teknologi mobil canggih.
3) Cogito
Cogito awalnya
didirikan oleh Dr Sandy dan Joshua adalah salah satu contoh terbaik dari
aplikasi kecerdasan buatan versi perilaku untuk meningkatkan layanan pelanggan
perusahaan. Perusahaan ini adalah sintesis pembelajaran mesin dan ilmu perilaku
untuk meningkatkan kolaborasi pelanggan dengan para call center. Cogito
digunakan pada jutaan panggilan suara yang dilakukan setiap hari. Contoh
penerapan Artificial Intelligence dengan menganalisis suara manusia dan
memberikan panduan untuk memberikan pelayanan maksimum.
4)
Netflix
Netflix tidak
memerlukan pengenalan ini adalah layanan konten-on-demand yang sangat populer
yang menggunakan teknologi prediktif untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan
reaksi, minat, pilihan, dan perilaku konsumen. Teknologi ini memeriksa dari
sejumlah catatan untuk merekomendasikan film berdasarkan kecintaan dan reaksi
Anda sebelumnya. Aplikasi ini menjadi lebih cerdas setiap tahun. Satu-satunya
kelemahan dari teknologi ini adalah film kecil akan luput dari perhatian
sementara film-film besar tumbuh dan menyebar di platform. Tapi seperti yang
saya tulis sebelumnya, itu masih meningkat dan belajar menjadi lebih cerdas.
5)
Pandora
Pandora adalah salah
satu solusi teknologi artificial intelligence yang paling populer dan sangat
detil. Ini juga disebut DNA musik. Tergantung pada 400 karakteristik musik, tim
musisi ahli secara individual menganalisis lagu tersebut. Sistem ini juga bagus
dalam merekomendasikan rekam jejak untuk merekomendasikan lagu yang tidak
pernah diperhatikan, meskipun disukai orang.
6)
Nest Learning Thermostat (Google)
Nest adalah salah satu
startup contoh penerapan Artificial Intelligence paling terkenal dan
sukses dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2014. Nest Learning Thermostat
menggunakan algoritme perilaku untuk menghemat energi berdasarkan perilaku dan
jadwal Anda. Ini menggunakan proses pembelajaran mesin yang sangat cerdas yang
mempelajari suhu yang Anda suka dan program itu sendiri dalam waktu sekitar
satu minggu. Selain itu, secara otomatis akan mati untuk menghemat energi, jika
tidak ada orang di rumah. Bahkan, ini adalah kombinasi keduanya – kecerdasan
buatan serta Bluetooth rendah energi karena beberapa komponen solusi ini akan
menggunakan layanan dan solusi BLE.
7)
Boxever
Boxever adalah
perusahaan yang sangat bergantung pada pembelajaran mesin untuk meningkatkan
pengalaman pelanggan dalam industri perjalanan dan menyampaikan momen mikro
atau pengalaman yang dapat memuaskan pelanggan. Boxover secara signifikan
meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui pembelajaran mesin dan Kecerdasan
Buatan untuk mengatur lapangan bermain, membantu pelanggan menemukan cara baru
dan membuat perjalanan yang tak terlupakan.
8)
Flying Drones
Drone sudah mengirimkan
produk ke rumah pelanggan – meskipun dalam mode uji coba. Mereka menunjukkan
sistem pembelajaran mesin yang kuat yang dapat menerjemahkan lingkungan ke
dalam model 3D melalui sensor dan kamera video. Sensor dan kamera dapat melihat
posisi drone di ruangan dengan menyambungkannya ke langit-langit. Algoritma
generasi lintasan memandu drone tentang bagaimana dan kemana harus bergerak.
Dengan menggunakan sistem Wi-Fi, kita dapat mengendalikan drone dan
menggunakannya untuk tujuan tertentu – pengiriman produk, pembuatan video, atau
pelaporan berita.
9)
Alexa
Alexa diluncurkan oleh
Amazon, yang semakin pintar dan menambahkan fitur baru. Ini adalah produk
revolusioner yang dapat membantu Anda mencari informasi di web, mengatur janji,
berbelanja, mengontrol lampu, switch, termostat, menjawab pertanyaan, membaca
audiobook, melaporkan lalu lintas dan cuaca, memberikan info tentang bisnis
lokal, memberikan skor dan jadwal olahraga , dan lainnya menggunakan Layanan
Suara Alexa.
F. Implementasi Kecerdasan Buatan atau Atificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan
Kecerdasan Buatan dalam
bidang pendidikan. AI dapat mengotomatiskan penilaian, memberi
pendidik lebih banyak waktu. AI dapat menilai siswa dan beradaptasi dengan
kebutuhan mereka, membantu mereka bekerja dengan kecepatan mereka
sendiri. Tutorial AI dapat memberikan dukungan tambahan kepada siswa,
memastikan mereka tetap di jalur. AI dapat mengubah di mana dan bagaimana
siswa belajar, bahkan mungkin menggantikan beberapa tugas.
Robot pendidikan (educational robots)
: digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang operasi dan penggunaan
dari robot industri.
Contoh robot
yang digunakan dalam bidang pendidikan:
a)
Rhino Robot XR-2 System: Robot ini
dibuat oleh Rhino, Inc., dan digunakan untuk simulasi tentang operasi dari
robot-robot industri. Rhino XR-2 dapat diprogram melalui komputer Apple dan
programnya dapat disimpan di disk.
b)
Microbot: Microbot mempunyai dua macam
robot, yaitu Microot Minimower dan Microbot Teachmower. Minimower dapat
diprogram dengan komputer Apple atau TRS-80. Teachmower digunakan untuk
simulasi robot industri dan menggunakan teach pendant untuk
memprogramnya serta dapat digunakan komputer Apple atau TRS-80 untuk menyimpan
program.
c)
Hero-1: Robot ini dibuat oleh
Heath/Zenith, merupakan robot yang dapat bergerak dan dirancang untuk membantu
mempelajari robot industri. Robot ini mempunyai beberapa unit sensor. Unit
sensor ini dapat mendeteksi gerak, mengukur jarak sampai 15 feet, mendeteksi
perubahan tinggkat cahaya, membedakan dua buah suku kata dan menggunakan speech
synthesizer, sehingga dapat berbicara. Hero-1 juga dilengkapi dengan teach
pendant.
Expert
System (Sistem Pakar)
Kemampuan, keahlian dan
pengetahuan tiap orang berbeda-beda. Komputer dapat diprogram untuk berbuat seperti
orang yang ahli dalam bidang tertentu. Komputer yang demikian dapat dijadikan
seperti konsultan atau tenaga ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab
pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan. Sistem demikian
disebut Expert System (Sistem Pakar). Salah satu expert system yang
pertama adalah Dendral, untuk
mengidentifikasikan struktur molekul suatu komposisi kimia dan lain sebagainya.
Untuk mengembangkan expert system, harus diciptakan terlebih dahulu
suatu knowledge base yang dibutuhkan oleh aplikasinya. Suatu
knowledge base terdiri dari kumpulan data tertentu untuk permasalahan yang
spesifik dan aturan-aturan bagaimana memanipulasi data yang disimpan tersebut. Berbeda
dengan database biasa, knowledge base mungkin dapat juga
terdiri dari asumsi-asumsi, kepercayaan-kepercayaan, pendugaan-pendugaan dan
metode-metode heuristic. Untuk membuat knowledge base perencanaan
sistem harus bekerja sama atau meminta nasehat dari ahli di bidangnya. Orang
yang menciptakan expert system disebut dengan knowledge engineer.
PERTANYAAN
Berdasarkan uraian diatas kecerdasan buatan kini semakin luas dan praktis dalam penggunaannya namun disini apakah dalam pemanfaatan proses pembelajaran tidak akan membuat siswa-siswa menjadi malas untuk berpikir karena kita tau dengan adanya kercedasan buatan ini semua hal yang rumit mungkin menjadi mudah karena adanya kecerdasan buatan?
Menanggapi pertanyaan dari saudari Intan, menurut saya pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan buatan merupakan pembelajaran yang dapat dipersonalisasi sehingga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahawa pembelajaran tersebut dapat meningkatkan fokus siswa. Kecerdasan buatan berkemampuan mengajari siswa secara individual. Ia pun dapat mengenal kebutuhan siswa sehinga dapat menemukan strategi penyampaian pembelajaran yang lebih sesuai untuk siswa tersebut. misalnya manakala seorang siswa menyukai balap kuda, maka sarana itulah yang digunakan sebagai analogi sehingga siswa mudah memahami materi pembelajaran yang tengah dipelajari. Kecerdasan buatan pun dapat mengidentifikasi konsep apa yang tidak dapat dipahami siswa, sehingga ia akan melakukan penyesuaian untuk menemukan cara baru dalam membantu pembelajaran siswa. Jadi AI dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Selain itu sikap malas yang mungkin muncul dalam diri siswa dapat diatasi dengan pembelajaran yang mengacu pada 4C.
BalasHapusMenurut pendapat saya dengan menggunakan teknologi AI yang sudah canggih dari zaman ke zaman seperti saat ini laptop,hp hingga robot, siswa malah menyukai karena belajar jadi lebih menarik, tidak membosankan sehingga memudahkan siswa memahami materi pembelajaran dan membuat siswa yang malas tadi mempunyai rasa ingin tau untuk mencari informasi yang lain. Contohnya saja google dengan menggunakan mesin pencari yang sudah menyimpan data yang sangat lengkap ini membuat siswa selalu mengakses google disaat kesulitan apalagi di ajar oleh AI. Pada masa yang akan datang nanti tentunya proses pembelajaran pun akan berubah bukan hanya melalui pemahaman konsep saja melainkan langsung terjun ke proyek untuk melihat keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga peran AI disini tidak akan membuat siswa malas.
BalasHapusMenurut saya kecerdasan buatan berkemampuan mengajari siswa secara individual. Ia pun dapat mengenal kebutuhan siswa sehinga dapat menemukan strategi penyampaian pembelajaran yang lebih sesuai untuk siswa tersebut. misalnya manakala seorang siswa menyukai balap kuda, maka sarana itulah yang digunakan sebagai analogi sehingga siswa mudah memahami materi pembelajaran yang tengah dipelajari.
BalasHapusMenurut saya Pembelajaran dalam sistem AI ini merupakan pembelajaran yang dipersonalisasi sehingga meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pembelajaran AI dalam sistem individual ini menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan fokus siswa. Pasalnya, AI memiliki kemampuan untuk mengajar siswa secara individu dan mengenali area yang dibutuhkan untuk menemukan cara pengajaran yang tepat pada siswa melalui kecerdasan buatan tersebut.
BalasHapussependapat dengan yang lainnya, menurut saya dengan adannya AI malah membuat anak semakin meningkatkan pengalaman dan pemahaman belajar anak. mungkin yang menjadi tidak berdampak positif dalam penggunaan AI adalah penggunaannya secara berlebihan yang akan mengesampingkan kesehatan siswa.
BalasHapus