Presentasi Multimedia Pembelajaran Kimia

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar.  Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia.
Media Pembelajaran diartikan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Pengertian media pembelajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. 
Di sini saya menggunakan media prezi, alasan saya menggunakan prezi adalah karena dalam pembelajaran jika hanya menggunakan  buku paket atau media yang lainnya yang hanya berisi tulisan-tulisan tanpa gambar atau animasi itu akan menjadi sangat membosankan dan saya sulit memahaminya, karena kekurangan saya disini juga kurang suka membaca. Jadi disini saya menggunakan prezi, karena di dalam aplikasi prezi selain dapat menggunakan tulisan-tulisan layaknya powerpoint juga dapat dimasukkan gambar-gambar maupun video serta animasi lainnya yang lebih menarik, sehingga tidak membosankan.
Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.
Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua objek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot objek-objek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif.




Permasalahan :
1.    Menurut anda apa saja kelemahan dari multimedia prezi tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?
2.        Adakah cara lain yang digunakan sebagai media pembelajaran selain prezi untuk mengatasi siswa yang kurang suka membaca dan cepat bosan? Jika ada, jelaskan.
3.     Menurut anda apa manfaat multimedia prezi jika ditinjau dari sudut pandang sebagai siswa?

Komentar

  1. menanggapi persoalan ke-3 jika ditinjau dari sudut pandang siswa, tentunya multimedia yang anda gunakan sangat menarik, tentunya jika menarik pasti sangat bermanfaat, terlebih lagi bagi siswa yang kurang suka membaca, akan lebih tertarik untuk belajar lewat media yg anda sajikan ketimbang buku cetak konvensional biasa. manfaat lainnya menurut saya yaitu pembelajaran menjadi lebih ringkas dan praktis tidak perlu membawa buku yang tebal kemana-mana, dan tidak perlu bersusah payah membaca buku tebal hanya untuk mencari inti sari dari suatu materi pembelajaran.

    BalasHapus
  2. Saya akan menjawab permasalahan anda yang pertama, dimana Proses instalasinya membutuhkan koneksi internet yang cukup jadi pengguna prezi harus menyiapkan kebutuhan jaringan internet yang memadai serta masalah lain aplikasi ini utuk versi trialnya berlaku 30 hari jadi pengguna harus membeli aplikasi ini dengan biaya yang cukup mahal

    BalasHapus
  3. Kelemahan prezi :
    1. Software ini terlihat monoton. jadi cara mengatasinya yaitu harus mencari pengguna yang benar-benar ahli dalam pembuatan multimedia ini
    2. Proses instalasinya membutuhkan koneksi internet.
    3. Sulit memasukkan simbol matematika, sehingga penggunaannya harus dipilih terlebih dahulu materi yang cocok karena tidak selmua materi bisa digunakan dengan multimedia ini

    BalasHapus
  4. saya ingin membantu menjawab nomordua, adakah media yang lain untuk mengatasi kebosanan siswa selain prezi, adapun aplikasi yang kita gunakan selain prezi misalnya focusky, aplikasi yang sama dengan prezi dengan tampilan menarik tetapi tidak seribet membuat prezi.

    BalasHapus
  5. saya akan membantu menjawab soal no.2 menurut saya multimedia interaktif juga membantu untuk menarik minat siswa karena menyajikan file persentasi yang menggabungkan beberapa animasi, teks, gambar dan juga bisa menampilkan sebuah video yang akan meningkatkan fokus dan minat siswa sehingga tidak bosan. dan juga dalam pembuatannya tidak terlalu ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan wulantri dimana pada penyajian file presentasi yang manampilkan video dan didalamnya terdapat animasi,teks,gambar yang sangat menarikdan sesuai dengan materi yang diajarkan sehinnga siswa tidak bosan dan meningkatkan minat belajar siswa .

      Hapus
  6. Sayaa ingin mencoba menanggapi permasalahan ketiga saudari menurut saya penggunaan prezi dalam pembelajaran memiliki beberapa kelebihan bagi siswa salah satunya tampilan prezy yang bervariasi juga kemenarikan saat dalam mode presentasi menggunakan tombol zoom, kemenarikan dalam pembelajaran akan membuat siswa lebih senag belajar dan ilmu akan mudah terserap
    Dengan adanya pembelajaran menggunakan prezi, siswa akan lebih tertarik terhadap pembelajaran, sehingga proses pembelajaran lebih berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan munika, media ini menarik karena siswa dibawa seperti menjelajah konsep sehingga tidak membosankan

      Hapus
  7. Untuk permasalahan no.1
    Adapun kelemahannya yaitu, penggunaan fitur zoom yang
    berlebihan pada Prezi dapat menimbulkan gangguan dan kebingungan bagi
    penonton. Melompat dari satu item ke item yang lain dan menggunakan fitur zoom
    in dan zoom out di seluruh bagian dapat memusingkan dan akhirnya pesan yang
    ingin disampaikan malah tidak tersampaikan.
    Cara mengatasinya :
    Guru selektif dalam menggunakan fitur zoom yang ada agar tidak
    menimbulkan kebingungan bagi peserta didik apabila digunakan.

    BalasHapus
  8. baiklah saya akan menaggapi permasalahan yang ketiga, menurut saya dari sudut pandang siswa mereka dapat mempelajari mengenai materi pembelajaran dengan lebih meyenagkan dan tidak membosankan sekaligus membantu mereka belajar dalam teknologi.

    BalasHapus
  9. Mencoba menanggapi permasalahan nomor tiga, menurut saya manfaat multimedia prezi jika ditinjau dari sudut pandang sebagai siswa yaitu dapat membuat pola/jalan pemikiran siswa lebih terarah. sehingga apa yg dipelajari akan runut sehingga mudah memahami pelajaran.

    BalasHapus

Posting Komentar